Langsung ke konten utama

PINGUIN



PINGUIN.
Penguin adalah jenis burung yang tidak bisa terbang,dari family Spheniscidae,terdapat 17 spesies penguin dan hampir semuanya berkembangbiak di belahan bumi  bagian selatan.Nama Penguin diyakini berasal dari bahasa Welsh “ pena gwyn” yang berarti: “kepa putih” nama itu awalnya diterapkan untuk
burung  Great auk

Great auk adalah burung yang hidup dibelahan bumi utara,dan telah punah di abad ke 19,Great auk terlihat mirip dengan penguin  dan juga tidak dapat terbang,kepunahan Great auk kemungkinan disebabkan oleh para pelaut yang menggunakannya sebagai sumber makanan.

Struktur tulang penguin berbeda dengan burung yang biasanya terbang,penguin mempunyai kerangka yang jauh lebih berat dan kuat ,sementara burung biasa  harus memiliki kerangka yang seringan mungkin  karena akan sangat membantu untuk melakukan penerbangan.

Rata-rata burung yang dapat terbang adalah hasil kombinasi  tulang yang tipis dan berongga,dan memiliki kekuatan yang memadai  serta didukung dengan berat badan  yang ringan, sementara penguin harus memiliki kerangka  yang padat untuk melawan daya apung  air ketika menyelam dibawah permukaan air.

Kerangka  penguin  sangat berbeda dari burung lainya terutama disekitar furkula dan tulang dada  hal ini disebabkan karena fungsi  gerakan yang berbeda  antara penguin dan burung lainya.Perbedaan struktur tulang tersebut  memberikan petunjuk  penting untuk membedakan fosil penguin dan burung lainya. 

Fosil penguin pertama ditemukan  adalah  Palaeeudyptes” yang  ditemukan pada abad ke 19 di Selandia Baru ,fosil tersebut ditemukan dalam batuan  yang berumur sekitar 25 juta tahun , fosil penguin terbesar  yang pernaah ditemukan  
ukuranya  sama dengan  ukuran seorang manusia. Hingga saat ini tidak pernah ada  lagi fosil penguin  yang ditemukan  di belahan bumi bagian utara.

Terlepas dari sejarah panjang  evolusi spesies penguin  yang ada pada saat ini tidak banyak mengalami perubahan dari leluhurnya ,mereka kebanyakan memiliki   bagian atas tubuh  kehitaman  dan bagian bawahnya berwarna putih,hal ini akan sangat membantu untuk menyamarkan penguin  dengan warna langit  pada saat penguin sedang berenang  bila dilihat dari bawah.Akan tetapi  ketika penguin berenang di laut dalam  jika dilihat dari atas penguin akan tersamar  akan warna gelapnya.

Penguin mempunyai bulu anti air dan saling berkaitan ,sehingga mampu  memberikan penghalang yang sangat efektif  terhadap air,bulunya menutup rapat tubuhnya  sehingga sangat sedikit udara  yang terperangkap  pada setiap helaian bulunya,tentunya hal tersebut akan sangat membantu pada saat  penguin menyelam  sehingga mencegah  penguin untuk mengapung .

Ketika penguin ada di darat bulu-bulunya  berdiri tegak  sehingga mampu menyebak lapisan udara  hangat yang  yang sangat bermanfaat untuk memberikan insulasi  udara dingin,selain itu penguin memiliki timbunan lemak tebal  dibawah kulitnya agar suhu tubuhnya tetap terjaga.

Bagian kaki penguin tidak tertutup oleh bulu,penguin dapat menjaga suhu  kakinya dengan cara mengalirkan darah hangat  ke kakinya,sesampainya di kaki darah penguin kembali dingin ,kemudian darah dingin dari kaki dikirimkan lagi ke tubuhnya,system vascular ini dapat membatasi  jumlah darah yang mengalir  ke sirip dan kaki  sehingga suhu kaki dapat dijaga pada titik 6 derajat Celcius meskipun suhu inti  tubuh mencapai 39 derajat celcius ,hal ini dapat mengurangi jumlah panas yang hilang pada saat cuaca  dingin,pada cuaca yang panas proses vascular  ini dapaat dibalik sehingga dapat  menjaga suhu tubuh penguin tetap stabil.

Demikian sekilas info tentang penguin,mudah-mudahan ada manfaatnya untuk rekan-rekan  Dunia Satwa semuanya.kurang dan lebihnya mohon maaf,dimana admin Dunia Satwa hanyalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa hehehe……

Terimakasih
Galower

Komentar

  1. Pingin sekali lihat Pinguin langsung..

    Happy blogging..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan bisa kunjungi Taman Safari Indonesia saja mas Boku,disana bisa melihat langsung dari dekat hewan ini,malah bisa memberinya makanan langsung dari tangan mas....

      Hapus
    2. Kapan-kapan kalau Mbak Enis hendak berkunjung ke Taman Safari Indonsia
      Boleh ajak kita kita yah Mbak, pengen lihat langsung Pinguinya salam santun Mbak

      Hapus
  2. jujur, saya teh pernah ngimpiin miara pinguin dirumah, andai ngimpi itu nyata...bakalan heboh dan pasti masuk berita pagi di metrotv karena unik dan tentu pemirsa bakalan heran ko' pinguin bisa hidup di Desa Cilembu...emang di cilembu ada salju gituh...;o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe si Akang Cilembu bisa aja nih ,Haturnuhun kang atas kunjunganya dan juga komentarnya...

      Hapus
    2. maaf chrome saya lagi error, beberapa kali nyoba follow ngga bisa...ngga tau nih kenapa.

      Hapus
    3. iya betul Kang,saya juga kesulitan kalau mau follow,mungkin koneksi atau ada hal lain gitu hehe,,,,

      Hapus
    4. iya Kang Cilembu saya juga sama mengalami kesulitan kalau mau follow ke blog lain,Terimakasih yah Kang .....

      Hapus
  3. Kalo lewat hewan ygsatu ini emang lucu yang
    Terutama sama bentuk badan dan jalannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mirip akang ngga yah?...;o)

      Hapus
    2. betul mas Purnomo hewan ini ngegemasin yah hihi,Maturnuwun atas kunjunganya mas Pur....

      Hapus
    3. Wah betul mas.. jalannya itu lho yg lucu.. hehe

      Hapus
    4. lucu banget apa lucu saja kang Yahya hahaha

      Hapus
  4. saya sering lihat pinguin di gambar atau di film-film tapi sampai sekarang saya belum pernah melihat langsung pinguin dari dekat, makasih sharingnya sob :)

    btw saya sudah follow back, makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya melihat ini secara langsung di Taman Safari Om hehe.oh yah terimakasih yah Om untuk follbacknya,,,

      Hapus
  5. saya cuma pernah lihat di tv mbak..filmnya juga keren kalau secara langsung sih saya belum pernah lihat pinguin..gimana ya nyata bukan dilayar kaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Indah,saya juga lihat secara langsung di tempat konsevasi,karena kebetulan suami saya kerja disana,hehe.

      Hapus
  6. Waah saya belum pernah lihat pinguin yg nyata.. cuma lihat gambarnya aja.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kepengen lihat langsung datangi saja tempat konservasi kang Yahya hehe

      Hapus
  7. Lucu yah Mbak Pinguin itu, beda jauh dengan
    Pinguin yang ada di Google, sangat ketat dan tegas tanpa negosiasi
    makasih atas artikel tentang satwa nya Mbak Enis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe Kang Karryst bisa saja nih hehe,okay Kang Haturnuhun

      Hapus
  8. hewan pinguin memang lucu-lucu ya kak, tapi di indonesia kayaknya nggak ada ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Eka,di Indonesia hanya ada di tempat konservasi saja ,ditempat lainya sih tidak ada hehe,Terimakaish yah tas kunjunganya...

      Hapus

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuka hatimu ( tetap sopan ),tapi saya tidak berharap kalau tulisanmu :
1 Meninggalkan tulisan dengan kata-kata kasar dan jorok
2 Meninggalkan spam alias sampah
3 Meninggalkan link hidup / active
Demikian dan terimakaish atas kunjunganmu dan juga komentarnya.

Postingan populer dari blog ini

PANDA

Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya Panda,bagi anda pecinta film animasi tentunya tidak asing dengan karakter  protagonist yang menjadi tokoh utama dalam salah satu film animasi Hillywood produksi Dream Works yang di sutradarai oleh Mark yakni Kung Fu Panda.hehehe….

TIPS SEBELUM BEPERGIAN

Assalamu’alaikum wr wb.Senangnya bisa terbang melayang lagi di dunia maya ini,setelah sekian lamanya terbentur urusan di duta hehe….. Sobat and sohibat blogger menjelang liburan panjang ini barangkali ada yang hendak bepergian,utamanya ketempat-tempat wisata,dibawah ini ada sedikit tips barangkali bisa berguna untuk kita semua. Berbagai macam persiapan yang harus dilakukan sebelum kita bepergian ke suatu daerah tujuan wisata,adalah dari mulai memesan tiket,reservasi  hotel hingga mengecek barang bawaan serta obat-obatan yang harus kita bawa.

KEBIASAAN YANG LUARBIASA

Assalamu’alaikum wr wb.Apa kabar sobat and sohibat blogger  dimanapun berada,saya selalu berharap kalau sobat and sohibat saat ini sedang dalam keadaan sehat wal afiat.rasanya takperlu saya ungkapkan lagi kenapa baru muncul setelah sekian lamanya menghilang dari peredaran dunia maya hehe,karena jawabanya  pasti samalah hehehe……. Dikesempatan kali ini saya hanya ingin sobat and sohibat merenung barang sejenak saja,tentang beberapa kebiasaan yang selalu terjadi diantara kita,maksudnya ( baca Nergara ), tapi anggap saja lelucon yang nggak terlalu penting yahhh,jadi nggak usah terlalu serius   hehehe……