Langsung ke konten utama

FAKTA TENTANG BADAK



FAKTA TENTANG BADAK
1.MAMALIA DARAT TERBESAR KEDUA SETELAH GAJAH.
Sebagai salah satu megafauna terbesar di dunia,Badak adalah mamalia darat terbesar  kedua di dunia setelah gajah,ada lima jenis badak yang masih bertahan di dunia ini yaitu :Badak Putih, Badak Hitam,Badak Sumatera,dan Badak Jawa,

Badak putih Afrika adalah jenis badak terbesar yang beratnya saja bisa melebihi dari tiga ton ( 3000 kg ),sedangkan jenis badak Sumatera adala badak terkecil yang beratnya tidak lebih dari delapan ratus kilo ( 800 kg )


2.PERBEDAAN BADAK PUTIH DAN BADAK HITAM

Dua jenis Badak yang terdapat di Afrika adalah Badak putih Afrika dan Badak hitam Afrika,perbedaan kedua Badak ini bukan pada warnanya,melainkan dari bentuk bibir mereka,Badak putih Afrika mempunyai bentuk bibir yang tebal,rata,dan lebar,gunanya untuk memudahkan ketika ia makan rumput,sedangkan Badak Hitam Affrika,memiliki jari di bibirnya yang bisa membantu mereka ketika menggapai dedaunan dan ranting.

3.BADAK INDONESIA YANG PALING TERANCAM

Asia memiliki tiga jenis Badak,Badak India yang tersebar di India,serta Badak Jawa dan Badak Sumatera yang ada di Indonesia,dari tiga jenis Badak tersebut hanya Badak yang ada di Indonesialah yang  sangat terancam kepunahan,disebabakan oleh manusia yang secara liar terus memburu mereka,serta penebangan liar yang merampas habitat mereka.

4.BADAK TIDAK HANYA MEMAKAN RUMPUT

Badak adalah merupan satwa herbivora yang makan tumbuh-tumbuhan,jenis Badak Putih dan Badak India pada umunya adalah pemakan rumput,sedangkan Badak Hitam,Badak Jawa dan Badak Sumatera adalah,memakan berbagai macam tumbuhan dan buah-buahan,Badak Jawa memakan lebih dari 200 jenis tumbuh-tumbuhan.

5.KULIT BADAK TEBAL TETAPI SENSITIF

Ketebalan kulit Badak mencapai 1,5 cm,walaupun mereka berbadan besar dan berkulit tebal,namun kulit mereka sangat sensitif terhadap cahaya matahari,dan gigitan serangga kecil sekalipun,sehinga mengakibatkan luka pada kulitnya,untuk melindungi kulitnya yang sangat sensitif mangkanya binatang yang satu ini suka melumuri seluruh tubuhnya dengan lumpur.

6.BESAR TAPI LINCAH

Badan besar bukan penghalang buat berlari kencang,kecepan lari badak hitam bisa mencapai 60 km / jam,sedangkan rekor dunia pelari tercepat manusia adalah 43,6 km / jam,selain berat badak juga sangat lincah dan mampu berputar atau berganti arah dengan kecepan tinggi,oleh karena itu bila anda dikejar hewan yang satu ini,berlarilah secara zig-zag karena dengan cara ini badak tidak akan mampu untuk menyeruduk kita.

7.BADAK SUMATERA ADALAH BADAK TERUNIK

Badak Sumatera adalah jenis badak terkecil namun unik,karena badanya berbulu  dan diduga sebagai badak yang paling purba dibandingkan dengan empat spisies badak lainya,pada tgl 23 juni 2012 se ekor bayi jantan badak Sumatera telah lahir di Taman Nasional Way Kambas Lampung,dan diberi nama : Andatu.

Andatu merupakan badak pertama yang dilahirkan diluar habitatnya,sejak upaya breeding conservation dilaksanakan di Asia sejak 124 tahun silam.

8.UMUR BADAK ADALAH SETENGAH DARI UMUR MANUSIA

Pada umumnya badak dapat hidup sampai dengan usia 45 tahun,badak jantan mengalami kedewasaan pada usia 7-8 tahun,sedangkan badak betina mencapai kedewasaanya pada umur 5-6 tahun,masa kehamilan badak berkisar antara 15 hingga 16 bulan.

Seekor badak betina akan melahirkan satu ekor bayi badak yang beratnya mencapai 40-80 kg dan akan menyusuinya hingga usia anak badak tersebut sampai dengan 3 tahu.

9.BADAK ADALAH HEWAN PENYENDIRI

Badak pada umumnya adalh hidup menyendiri di suatu wilayah kekuasaanya,luas wilayah kekuasaan seekor badak putih adalah 200-400 hektar,( 260 x lebar dari lapangan bola ) siapapun yang datang ke wilayah kekuasaanya maka dia akan segera mengusirnya dengan cara adu kekuatan.

10.CULA BADAK TIDAK BERKHASIAT

Seperti nyang dimuat disitus Live scecience ,penelitian yang dilakukan di Ohio University, cula badak  sepenuhnya terbuat dari keratin.Jadi  mitos cula badak  dapat menyembuhkan penyakit,serta menambah daya seksual itu tidak benar,karena tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.

11.MATA BADAK ADALAH RABUN

Badak terkesan gampang marah ,akan tetapi ini lebih disebabkan oleh indera penglihatan meraka yang kurang bagus,rabun jauh adalah pemicu kemarahan hewan yang satu ini,sekecil apapun gerakan dari jauh ini kan membuat mereka terkejut,kemudia menyerang ke arah pergerakan tadi.

Keistimewaan badak adalah mempunyai indera penciuman yang sangat tajam,dan juga pendengaranya sangat luarbiasa,mungin ini bisa untuk menutupi kelamahan indera penglihatanya.

12.CULA BADAK SEPERTI KUKU MANUSIA

Badak mempunya cula yang sepenuhnya terbuat dari keratin,kalau pada manusia seperti kita sama dengan kuku atau rambut,cula ini akan terus tumbuh ,untuk panjang  cula badak putih bisa mencapai 1 meter,dan rekor terpanjang cula badak adalah: 150 cm ( 1,5 m ).

Demikian sekilas info "duabelas" fakta tentang Badak, lebih dan kurangnya saya mohon ma'af yang sebesar-besarnya,semoga tulisan ini menjadi sedikit tambahan ilmu pengetahuan untuk  kita semua,,,,

Terimakasih
Anis

Komentar

  1. Badak memang begitu gagahnya.. tapi badak terancam punah.. heeeem

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kang Yahya,hewan ini hanya tinggal sedikit lho,untungnya masih ada yang perduli untuk melestarikanya yah ....

      Hapus
  2. kalau melihat badak ga seganas tubuhnya ya, ternyata badak bnyak kekurangannya juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Gunawa,ya brgitula semuanya selalu ada kekuranga dan juga kelebihan hehe

      Hapus
  3. Ikutan Ngetes comments nih Teh Enis
    Sambil lihat badak soalnya belum tau aslinya

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuka hatimu ( tetap sopan ),tapi saya tidak berharap kalau tulisanmu :
1 Meninggalkan tulisan dengan kata-kata kasar dan jorok
2 Meninggalkan spam alias sampah
3 Meninggalkan link hidup / active
Demikian dan terimakaish atas kunjunganmu dan juga komentarnya.

Postingan populer dari blog ini

PANDA

Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya Panda,bagi anda pecinta film animasi tentunya tidak asing dengan karakter  protagonist yang menjadi tokoh utama dalam salah satu film animasi Hillywood produksi Dream Works yang di sutradarai oleh Mark yakni Kung Fu Panda.hehehe….

TIPS SEBELUM BEPERGIAN

Assalamu’alaikum wr wb.Senangnya bisa terbang melayang lagi di dunia maya ini,setelah sekian lamanya terbentur urusan di duta hehe….. Sobat and sohibat blogger menjelang liburan panjang ini barangkali ada yang hendak bepergian,utamanya ketempat-tempat wisata,dibawah ini ada sedikit tips barangkali bisa berguna untuk kita semua. Berbagai macam persiapan yang harus dilakukan sebelum kita bepergian ke suatu daerah tujuan wisata,adalah dari mulai memesan tiket,reservasi  hotel hingga mengecek barang bawaan serta obat-obatan yang harus kita bawa.

KEBIASAAN YANG LUARBIASA

Assalamu’alaikum wr wb.Apa kabar sobat and sohibat blogger  dimanapun berada,saya selalu berharap kalau sobat and sohibat saat ini sedang dalam keadaan sehat wal afiat.rasanya takperlu saya ungkapkan lagi kenapa baru muncul setelah sekian lamanya menghilang dari peredaran dunia maya hehe,karena jawabanya  pasti samalah hehehe……. Dikesempatan kali ini saya hanya ingin sobat and sohibat merenung barang sejenak saja,tentang beberapa kebiasaan yang selalu terjadi diantara kita,maksudnya ( baca Nergara ), tapi anggap saja lelucon yang nggak terlalu penting yahhh,jadi nggak usah terlalu serius   hehehe……