Langsung ke konten utama

MITOLOGI ULAR

Simbol ular khususnya dengan pola dua ular,pertama kali muncul dalam peradaban Sumeria ( 2350-2150 SM ) Kemudian simbol ular ini muncul juga pada peradaban Yunani Kuno ( 2000-4000 SM ) dalam mitologi Yunani patung Asclepius ( Dewa Pengobatan )dengan “ Caduceus”( Lambang berbentuk tongkat ular ) dan
puterinya Hygeia ( Dewi Kesehatan ) yang sedang memegang ular dan mangkuk,dan kemudian dijadikan simbol oleh dunia Farmasi dan Kesehatan.

Pada abad ke tujuh belas banyak sekolah kesehatan dan kedokteran di Barat menggunakan Asclepius dan Hygieia sebagai symbol dan dekorasi bangunan mereka disana.
Dalam mitologi Yunani masyarakat mengenal tokoh Medusa yang dalam bahasa Yunani berarti “ Penjaga “ atau “ Pelindung “ .Medusa adalah seorang wanita cantik yang berambut ular ,siapapun yang menatap langsung pada matanya akan berubah menjadi batu.Dalam kisahnya Medusa tewas ditangan Perseus yang kemudian menggunakan kepalanya sebagai senjata,sebelum diberikan kepada Athena untuk ditempatkan pada Perisai  Aigis,yaitu pelindung dada milik Dewa Zeus yang sangat mengerikan apabila dilihat.
Di sejumlah Kitab Suci ular digambarkan  sebagai musuh manusia,sementara dalam Kitab Mahabarata, Kresna Kecil sebagai penjelmaan  Dewa Wisnu , diceritakan bisa mengalahkan ular jahat berkepaala lima.Bisa jadi karena anggapan-anggapan ini turut berpengaruh  dan menjadikan banyak orang  merasa benci dan takut kepada ular,meskipun sesungguhnya ketakutan itu kurang beralasan atau lebih disebabkan oleh  kurangnya pengetahuan  orang-orang terhadap sifat-sifat dan bahaya  yang  mungkin ditimbulkan oleh  sang ular.
Ular sebenarnya termasuk dalam rangkaian alur matarantai kehidupan ,sayangnya karena minimnya pengetahuan dan studi  tentang ular dikalangan masyarakat membuat pandangan masyarakat terhadap ular menjadi negative,Masyarakat awam relative  melihat semua ular adalah sebagai  binatang  yang sangat menyeramkan  dan dapat mengancam keselamatan jiwa ,akibatnya  banyak ular yang mati sia-sia  karena dianggapnya  sebagai hewan yang pantas  untuk dibunuh,padahal  dari sekitar kurang lebih 380 jenis ular di Indonesia hanya 5% saja yang berbisa dan mematikan.
Ular merupakan salahsatu reptile yang paling sukses  berkembang di dunia ,satwa melata yang satu ini dapat bertahan  hidup  dalam habitatnya,di Gunung,Hutan,Gurun,dataran rendah,lahan pertanian,lingkungan pemukiman,malah bahkan di Lautan.
Banyak jenis-jenis ular yang sepanjang hidupnya berkelana di pepohonan dan hampir takpernah menginjak tanah,namun banyak pula jenis lain yang melata diatas permukaan tanah atau menyusup dibawah dedaunan kering atau dibawah bebatuan ,sementarai sebahagian lain ada yang  hidup di sungai-sungai atau di rawa-rawa.
Ular-ular perairan biasanya memangsa ikan dan kodok,berbeda dengan ular yang hidunya di darat dan pohon,biasanya memangsa tikus,burung telur-telur burung yang ada di sarangnya,serta mamalia kecil yang ditemukanya di darat,sementara ular-ular yang berukuran besar seperti ular Sanca atau jenis ular besar lainya  biasanya memangsa  kambing ,rusa,kijang,bahkan dalam beberapa kasus ada yang memangsa manusia.
Sebagai predator  ular memiliki gigi  yang fungsinya untuk menggigit dan mencengkram mangsanya agar tidak lepas,maknya ular tidak mengunyah mangsanya,melainkan ditelan bulat-bulat yang pertama dimulai dari kepala mangsanya,ditelan sampai habis.
Kebanyakan ular berkembangbiak dengan cara bertelur,setiap ular bisa bertelur lebih dari tigapuluh butir,kemudian ditaruhnya di lubang-lubang,atau dibawah tumpukan daun kering dan bahkan ditaruh dilubang pohon lapuk,
Demikian sekilas info tentang ular,lebih dan kurangnya mohon maaf saja ,karena keterbatasan pengetahuan admin dalam menulis artikel ini,,,,,
Terimakasih
Sumber:DUNIA SATWA 

Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuka hatimu ( tetap sopan ),tapi saya tidak berharap kalau tulisanmu :
1 Meninggalkan tulisan dengan kata-kata kasar dan jorok
2 Meninggalkan spam alias sampah
3 Meninggalkan link hidup / active
Demikian dan terimakaish atas kunjunganmu dan juga komentarnya.

Postingan populer dari blog ini

PANDA

Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya Panda,bagi anda pecinta film animasi tentunya tidak asing dengan karakter  protagonist yang menjadi tokoh utama dalam salah satu film animasi Hillywood produksi Dream Works yang di sutradarai oleh Mark yakni Kung Fu Panda.hehehe….

TIPS SEBELUM BEPERGIAN

Assalamu’alaikum wr wb.Senangnya bisa terbang melayang lagi di dunia maya ini,setelah sekian lamanya terbentur urusan di duta hehe….. Sobat and sohibat blogger menjelang liburan panjang ini barangkali ada yang hendak bepergian,utamanya ketempat-tempat wisata,dibawah ini ada sedikit tips barangkali bisa berguna untuk kita semua. Berbagai macam persiapan yang harus dilakukan sebelum kita bepergian ke suatu daerah tujuan wisata,adalah dari mulai memesan tiket,reservasi  hotel hingga mengecek barang bawaan serta obat-obatan yang harus kita bawa.

KEBIASAAN YANG LUARBIASA

Assalamu’alaikum wr wb.Apa kabar sobat and sohibat blogger  dimanapun berada,saya selalu berharap kalau sobat and sohibat saat ini sedang dalam keadaan sehat wal afiat.rasanya takperlu saya ungkapkan lagi kenapa baru muncul setelah sekian lamanya menghilang dari peredaran dunia maya hehe,karena jawabanya  pasti samalah hehehe……. Dikesempatan kali ini saya hanya ingin sobat and sohibat merenung barang sejenak saja,tentang beberapa kebiasaan yang selalu terjadi diantara kita,maksudnya ( baca Nergara ), tapi anggap saja lelucon yang nggak terlalu penting yahhh,jadi nggak usah terlalu serius   hehehe……